FTTH (Fiber To The Home) | Training FTTH/x Technician

FTTH (Fiber To The Home) | Training FTTH/x Technician

FTTH (Fiber To The Home) | Training FTTH/x Technician

2021-01-02 11:23:26 Admin Edutech 6 comments

Ftth singkatan dari Fiber To The Home. Definisi jaringan FTTH adalah jaringan akses Fiber Optic (FO), dimana Titik Konversi Optik (TKO) terletak di dalam rumah pelanggan. FTTH network planning and design merupakan hal yang sangat penting yang harus diperhatikan oleh penyedia layanan (providers) agar installation dan pengoperasian jaringan FTTH berhasil.

Perbedaan FTTH dan FTTB

FTTB adalah singkatan dari Fiber To The Building. Perbedaan utama dari FTTH dan FTTB adalah dari segi biaya operator. FTTB membutuhkan lebih sedikit kabel, host (OLT) dan perangkat ujung (ONU/ ONT) yang lebih sedikit. Sehingga FTTB harganya lebih murah dari pada FTTH.

Apa Kelebihan FTTH?

Berikut beberapa kelebihan FTTH adalah

  1. FTTH menyediakan bandwidth yang besar. Sehingga kemampuan dalam mentransmisikan data menjadi lebih banyak dan lebih cepat.
  2. Multiplay service yaitu data, suara, dan video.
  3. Memiliki desain architecture jaringan yang fleksibel. Sehingga dapat digunakan untuk mengakomodasi inovasi yang akan datang.

Teknologi Arsitektur FTTH

Topology/ Topologi jaringan FTTH ada tiga, yaitu jaringan titik ke titik ( point to point ), serat optik aktif (active optical network), dan serat optic pasif (passive optical network). Implementasi dari Active Optical Network (AON) lebih dikenal sebagai active node. Sedangkan Passive Optical Network (PON) adalah jaringan point to multipoint berbasis serat optik yang memiliki elemen optical splitter yang bersifat pasif. PON ditemukan oleh British Telecom pada tahun 1980-an dan terus dikembangkan karena memiliki fleksibitas tinggi. Skema jaringan baru yang berakar dari PON adalah GE-PON, Broadband PON (BPON), GPON, XGPON, dan Ethernet PON (EPON).

Konfigurasi FTTH (Configuration FTTH)

Berikut konfigurasi umum FTTH berbasis PON:

  1. OLT : penyambungan dengan pusat layanan (softswitch, ISP, dan TV-Server)
  2. ONU/ ONT : ujung fiber optik dibagian pelanggan, dimana terdapat TKO
  3. ODN : media transmisi optik untuk koneksi fisik ONU ke OLT.

Secara umum jaringan FTTH dibagi menjadi 4 segmen catuan kabel, yaitu

  1. Kabel feeder fungsinya untuk menghubungkan Optical Distribution Frame (ODF) dan Optical Distribution Cabinet (ODC)
  2. Kabel distribusi dan Optical Distribution Point (ODP). ODC dan ODP adalah lokasi splice dan splitter
  3. Kabel drop dan Optical Terminal Premises (OTP). Kabel Drop berfungsi meneruskan sinyal optik dari ODP ke rumah pelanggan. OTP berfungsi sebagai titik terminasi kabel drop dan tempat sambungan core optik.
  4. Kabel indoor yang diletakkan di dalam rumah dan Optical Indoor Outlet (Roset)

Apakah Yang Dimaksud Dengan Optical Link Power Budget?

Calculation/ perhitungan link budget digunakan untuk mengetahui batasan redaman total saluran yang diizinkan antara transmitter power dan receiver sensitivity. Link budget dapat ditentukan dengan menggunakan Optical Power Meter (OPM)/ dengan menghitung loss tiap komponen dalam jaringan.

OptiSystem

OptiSystem adalah software simulator yang digunakan untuk mendesain jaringan fiber optik yang belum diimplementasikan secara real. Fungsi OptiSystem adalah untuk memudahkan perhitungan loss tanpa menggunakan alat OTDR.

Training FTTH/x Technician

Mengetahui lebih dalam knowledge dari FTTH dengan membaca journal saja tidak cukup. Karena implementation harus dilakukan sesuai procedure, agar bisa memahami dengan baik. Salah satu caranya yaitu dengan mengikuti training agar dapat meningkatkan kualitas kerja sebagai seorang engineering/ Technician. Oleh karena itu, Edutech Solution menyediakan training FTTH/x Technician.