Gigabit Capable Passive Optical Network | GPON Training

Gigabit Capable Passive Optical Network | GPON Training

Gigabit Capable Passive Optical Network | GPON Training

2021-01-02 04:29:48 Admin Edutech 6 comments

PON (Passive Optical Network) pertama kali dibuat oleh Full Service Access Network (FSAN) yang kemudian di standarisasi oleh ITU-T (A/BPON, GPON) atau IEEE (EPON). GPON Evolution dari BPON.  Hingga kini persaingan terus terjadi antara GPON VS GEPON. Namun tetap saja, GPON memiliki dominansi pasar yang lebih tinggi dan roll out lebih cepat/ speedy dibanding penetrasi GEPON. Karena dengan penerapan GPON maka dapat menggunakan tiga layanan (internet, telepon, dan IPTV) sekaligus hanya pada satu ONU. Namun untuk menghindari degradasi sinyal yang disebabkan redaman dan disperse yang dapat menggangu proses transmisi maka perlu melakukan perhitungan GPON link budget.

GPON adalah singkatan dari Gigabit Capable Passive Optical Network yang merupakan technology FTTx yang memiliki standard G.984 dengan pendistribusian trafik nya menggunakan teknik secara pasif. Sedangkan GPON home gateway adalah nama form login saat kita berlangganan indihome. Pada GPON home gateway login ini kita bisa mengatur nama WiFi, password, blokir akses hotspot dll. Residential gateway adalah router kelas konsumen kecil yang menyediakan akses computer network antara host LAN ke WAN (Wide Area Network) melalui modem.

GPON ada beberapa jenis, diantaranya adalah GPON ZTE, Huawei, ALU, FiberHome, GCOM, dll. Standard ITU-T untuk GPON sendiri yang pertama adalah Gigabit-Capable Passive Optical Networks (GPON) general characteristic.

Cara kerja GPON

OLT mengirimkan data/ sinyal ke berbagai ONU dengan GPON splitter sebagai pembagi jaringannya. Setelah itu ONU mengirimkan data/ sinyal ke pelanggan sesuai yang dibutuhkan.

Keunggulan GPON

Beberapa GPON advanteges diantaranya yaitu:

  1. Mendukung aplikasi triple play (suara, data dan video) pada layanan FTTx yang dilakukan melalui satu core fiber optics ( optical fiber)
  2. Dapat membagi bandwidth sampai 32 ONT
  3. Dapat mengurangi penggunaan banyak cable
  4. Alokasi bandwidth dapat diatur
  5. GPON murah karena biaya maintenance nya yang low price
  6. Transparan terhadap laju bit dan format data
  7. Biaya pemasangan, pemeliharaan dan pengembangan lebih efisien

Arsitekture/ Komponen GPON

Komponen/ arsitektur inti GPON ada 5 bagian yaitu

  1. Network Management System (NMS)

NMS adalah komponen GPON yang menggunakan platform Windows yang bersifat GUI. Fungsi NMS adalah untuk mengontrol, mengkonfigurasi dan mengatur layanan GPON. Konfigurasi yang bisa dilakukan NMS adalah Konfigurasi OLT dan ONT. Layanan GPON yang dapat diatur NMS adalah seperti POTS, VoIP, dan IPTV.

  1. Optical Line Termination (OLT)

OLT adalah perangkat aktif yang berfungsi untuk mengubah sinyal elektrik menjadi sinyal optik.

  1. Optical Distribution Cabinet (ODC)

ODC adalah sarana yang menyediakan transmisi optics dari OLT terhadap pengguna dan sebaliknya.

  1. Optical Distribution Pack (ODP)

Instalasi/ installation yang bagus dari serat adalah tolak ukur untuk menjamin kamampuan trasmisi pada kabel serat optic.

  1. Optical Network Unit/ Terminal (ONU/ ONT)

ONU/ ONT adalah untuk mengubah sinyal optic yang ditransmisikan melalui ODN menjadi sinyal elektrik.

Edutech Solution menyediakan training Gigabit Capable Passive Optical Network (GPON) di seluruh wilayah Indonesia diantara nya Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, Sumatera Utara, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, NTB, Jawa Timur, Jawa tengah, Bali, Daerah Khusus Ibukota Jakarta, Jawa Barat, Kepulauan Riau, Banten, Daerah Istimewa Yogyakarta. Kursus ini belajar dengan beberapa GPON module, diantaranya yaitu Fundamental GPON FTTx Technology dan PON Designing & Planning.