Java 2 Enterprise Edition (J2EE) | Training Java Enterprise (J2EE)

Java 2 Enterprise Edition (J2EE) | Training Java Enterprise (J2EE)

Java 2 Enterprise Edition (J2EE) | Training Java Enterprise (J2EE)

2021-01-02 11:03:16 Admin Edutech 6 comments

Di artikel sebelumnya, kita sudah pernah bahas topics tentang Pengertian dan Penjelasan Java Enterprise atau akronim nya yaitu J2EE. J2EE adalah perkembangan dari technologies server sehingga version yang sekarang bisa digunakan untuk kepentingan pembangunan web application service.  Kombinasi powerfull untuk membuat aplikasi web adalah J2EE  : Servlet3 - EJB3 -MySql - Glassfish3 – Ubuntu Server 10.04.

Apa Perbedaan J2EE, J2SE dan J2ME?

J2EE, J2SE dan J2ME adalah platform java yang digunakan pada project yang berbeda-beda. Kalau J2EE biasanya digunakan untuk programming di bagian server atau berskala besar. Java 2 Standard Edition adalah kepanjangan dari J2SE yang digunakan untuk mendeploy aplikasi. Sedangkan J2ME adalah singkatan dari Java 2 Micro Edition yang digunakan untuk application mobile dan sistem tertanam (embedded system). Untuk download aplikasi dan tutorial Oracle Technology Network Java EE silahkan klik disini

Enterprise Java Bean (EJB)

EJB adalah salah satu komponen J2EE berbasiskan kontainer yang dapat didistribusikan dan menangani pengelolan kontainer pada komponen Java. Aplikasi yang disusun dengan architecture Enterprise Java Bean bersifat skalabel, transaksional dan multiuser.

Mengenal Spring Boot

Spring adalah framework Java yang menyediakan kurang lebih 20 modules untuk mempermudah programmer/ developer dalam membuat aplikasi Java salah satunya yaitu dengan menerapkan design pattern. Beberapa features yang terdapat pada spring framework diantaranya yaitu Depedency Injection, Aspect Oriented Programming, Spring MVC dan Restful Web Service, dll. Spring boot adalah salah satu jenis dari Spring yang mempermudah dalam pembuatan program, karena memiliki kelebihan sebagai berikut:

  1. Telah disediakan tomcat sehingga hanya perlu run
  2. Menggunakan Maven sebagai build manager yang dapat diatur di Project Object Model (POM)
  3. Beberapa anotasi yang mempermudah dalam menentukan components kelas-kelas, dll

Front-End dan Back-End

Apabila anda seorang frontend developer maka tentunya lebih menguasai teknologi sisi browser seperti HTML, CSS, dan Javascript. Sedangkan bagi backend developer akan lebih menguasai bahasa pemrograman (PHP, Python, dll), database, web server, dan web service seperti Restful API.

Training Java Enterprise (J2EE)

Bagi pemula memang harus banyak belajar baik otodidak atau banyak membaca dari book basics tentang Java. Namun diperlukan juga certification untuk membuktikan kemampuan yang dimiliki agar mampu bersaing di dunia kerja. Oleh karena itu, Edutech Solution menyediakan Training Java Enterprise (J2EE) dengan concepts full course. Training ini terbuka bagi pengembang aplikasi/ pogrammer, IT Technical Support, Mahasiswa dan bagi siapapun yang ingin menguasai bahasa pemrograman Java Enterprise. Untuk mengikuti training ini tidak ada syarat khusus, akan tetapi peserta harus mengetahui dasar komputer, instalasi software dan akan lebih baik lagi apabila telah mengetahui dasar PHP/ algoritma.