Mengupas Tuntas Tentang Sales Management/ Managemen Penjualan yang Efektif

Mengupas Tuntas Tentang Sales Management/ Managemen Penjualan yang Efektif

Mengupas Tuntas Tentang Sales Management/ Managemen Penjualan yang Efektif

2021-01-02 09:41:56 Admin Edutech 6 comments

Managemen penjualan bahasa inggrisnya adalah sales management. What is Sales management? it is the process of developing a sales force, implementing sales and coordinating sales operations techniques that allow a business to consistently hit, and even surpass, its sales targets.

Pengertian managemen penjualan menurut para ahli

Theory/ Teori managemen penjualan sangat penting dipelajari karena kelemahan managemen penjualan akan berdampak langsung bagi perusahaan. Ada beberapa pengertian penjualan menurut para ahli, diantaranya yaitu :

  • Menurut Moekijat dalam buku Kamus Istilah Ekonomi menyatakan bahwa penjualan adalah kegiatan yang ditujukan untuk mencari pembeli.
  • Menurut Kusnadi dalam buku Akuntansi Keuangan menjelaskan bahwa penjualan “sales” adalah sejumlah uang yang dibebankan kepada pembeli atas barang/ jasa yang dijual.
  • Menurut Basu Swastha dalam buku Azas-Azas Marketing mengatakan bahwa penjualan adalah ilmu dan seni yang dilakukan oleh penjual untuk mempengaruhi pribadi dalam mengajak orang lain bersedia membeli barang/ jasa yang ditawarkan.

Tujuan Managemen Pemasaran

Peran managemen penjualan sebagai alat strategy promosi. Sehingga kegiatan pemasaran adalah salah satu kegiatan yang sangat penting. Ada tiga tujuan dari manajemen pemasaran, yaitu:

  • Jangka pendek : memberikan untung secepat mungkin
  • Jangka menengah : berada di titik seimbang antara total biaya produksi dengan tcara management otal volume penjualan, memperluas cakupan promosi, dan memperbesar cakupan volume penjualan.
  • Jangka Panjang : mampu mempertahankan pelanggan agar tetap setia.

Agar tujuan tersebut tercapai, maka diperlukan sistem kontrol (control).

Apa yang dimaksud dengan lingkungan pemasaran (Marketing Environment)?

Lingkungan pemasaran adalah lingkungan yang memiliki pengaruh untuk mengembangkan dan mempertahankan transaksi yang sukses dengan para pelanggan.

Aplikasi Managemen Penjualan

Aplikasi penjualan adalah software yang berguna untuk memudahkan proses jual-beli sehingga lebih instan dan akurat. Contoh aplikasi penjualan terbaik di Indonesia yaitu EQUIP POS, Soltius, MOKA, Pawoon, dan Olsera. Dari beberapa aplikasi tersebut, pilihlah aplikasi yang menawarkan solution dari problems yang sedang dihadapi dengan tetap mempertimbangkan aspek anggaran yang ada.

Sistem Informasi Managemen Penjualan Barang

Manfaat Sistem Informasi adalah digunakan sebagai pengolahan data. Dengan begitu maka akan menghasilkan keputusan managemen mengenai penjualan dan persediaan barang. Contohnya seperti memudahkan dalam pencarian data barang atau barang apa yang banyak diminati oleh pelanggan.

Cara Managemen Penjualan

Managemen penjualan yang efektif adalah dimulai dengan cara menetapkan apa yang hendak dicapai oleh sales managemen department. Selain itu, ada lima teknik penjualan yang harus dilakukan, diantaranya yaitu:

  1. Harus menentukan kebutuhan dan keinginan pelanggan
  2. Mengetahui target pasar
  3. Menetapkan posisi pasar
  4. Harus menetapkan managemen strategi penjualan
  5. Memilih strategi penjualan yang paling tepat sesuai dengan profil konsumen yag dituju

Secara umum, perusahaan yang ingin meningkatkan jumlah penjualan maka mengadakan kegiatan promosi melalui iklan, kewiraniagaan (personal selling) dan publisitas. Karena dalam concept/ konsep penjualan, konsumen tidak akan membeli banyak produk kecuali produsen menggencarkan promosi yang agresif. Hal itu juga yang dilakukan oleh para pebisnis online, yaitu menggencarkan promosi.

Apa itu Personal Selling?

Personal Selling adalah kegiatan promosi marketing mix secara dua arah yaitu antara penjual dan pembeli dengan menekankan pada komunikasi yang bersifat persuatif. Tujuan personal selling yaitu untuk mempengaruhi konsumen sehingga terciptanya transaksi penjualan.

Apa Yang Dimaksud Sales Management Audit?

Tugas managemen audit yaitu memeriksa beberapa functions, diantaranya yaitu fungsi pemasaran (marketing), penjualan (sales), produksi, personalia, dan keuangan. Audit manajemen fungsi penjualan jika kuantitas maupun nilai rupiah nya turun, beberapa penyebabnya yaitu:

  1. Kurang gencarnya promosi dan advertensi
  2. Kurang giatnya melakukan penetrasi pasar
  3. Turunnya mutu produk sehingga kurang bisa bersaing dengan produk competitor

Bagaimana mengatasi risiko dalam berbisnis?

Bisnis tidak selamanya berjalan mulus, risiko yang mengancam tidak jarang ditemukan oleh seorang pebisnis. Berikut beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mengurangi resiko bisnis yang sangat merugikan

  1. Kenali permasalahan yang sedang dialami kemudian mengumpulkan para ahli untuk membantu mencari solusi
  2. Melakukan inovasi ter-update
  3. Memisahkan pendapatan usaha dan pribadi
  4. Menggunakan asuransi