Radio Trunking | Training Radio Two Way System (Handy Talkie) Communication

Radio Trunking | Training Radio Two Way System (Handy Talkie) Communication

Radio Trunking | Training Radio Two Way System (Handy Talkie) Communication

2021-01-02 11:29:26 Admin Edutech 6 comments

Definition/ pengertian sistem radio trunking adalah grup sistem yang terdiri dari satu BTS atau lebih yang menggunakan beberapa frekuensi. Sehingga memungkinkan pembagian kanal untuk komunikasi diantara grup-grup yang diatur oleh control channel.

BTS (Base Transceiver Station) adalah infrastruktur telekomunikasi yang memfasilitasi komunikasi nirkabel antara piranti komunikasi dan jaringan operator. Asosiasi Operator Radio Trunked Indonesia (APERTI) adalah forum bagi operator jaringan radio berbatang di Indonesia.

How Radio Trunking Works

Radio trunking bekerja berdasarkan sistem repeater. Namun untuk wilayah yang berjauhan, masing-masing menara dihubungkan dengan dedicated-cable. Berikut prinsip kerja Radio Trunking:

  1. Control channels adalah bertindak sebagai server pusat yang mengatur lalu lintas komunikasi dan jalur frequencies yang dipakai
  2. Talkgroups adalah grup pecakapan yang dibagi berdasarkan ID grup
  3. Fleet maps dan ID adalah identitas untuk melakukan percakapan

Radio Trunking System VS Conventional

Perbedaan radio trunking dan konvensional adalah pada penggunaan kanal. Pada radio konvensional,  satu kanal hanya bisa digunakan untuk satu komunikasi. Sedangkan pada konsep radio trunking, resource kanal dapat digunakan untuk communication one to many, groups conversation, maupun private conversation.

Pembagian Radio Trunking

Radio trunking dibagi menjadi dua yaitu radio trunking analog dan digital. Radio trunking analog dengan data berupa sinyal analog. Sedangkan Radio trunking digital dengan data yang direpresentasikan dalam deretan bilangan biner nol atau satu. Perbedaan radio trunking analog dan digital adalah digital memberikan kualitas (quality) audio yang lebih baik dari pada radio trunking analog.

Kegunaan Radio Trunking

Kehadiran Radio trunking sangat penting di dunia komunikasi. Terlebih saat ini radio trunking dilengkapi dengan fitur full digital dan monitoring. Radio Trunking digunakan untuk keperluan yang membutuhkan koordinasi komunikasi cepat dan aman. Contoh penggunaan radio trunking adalah untuk koordinasi pemadam kebakaran, kepolisian, oil and gas (offshore), dll.

Provider Radio Trunking

Saat ini, pengguna Radio Trunking masih terbatas pada sektor perbankan, jasa sekuritas, sektor minyak dan gas. Provider Radio Trunking di Indonesia diantaranya yaitu PT. Jatimas Fajar Satryo (Jatimas), PT. Maesa Nusatama (Maesa), PT. Mobilkom Telekomindo (Mobilindo), dll. Penyelenggara radio trunking wajib menyediakan terminals radio trunking bagi pelanggannya.

GNU Radio

GNU radio adalah sebuah software gratis yang digunakan untuk belajar tentang cara membuat dan menjalankan sistem software-defined radio. GNU Radio di release menggunakan license GPL version 3.

Radio HT (Handy Talky)

Radio HT adalah alat komunikasi dua arah dengan menggunakan perantara frekuensi radio. HT dapat menempuh jarak hingga 2-12 mil. Namun untuk menggunakan HT harus izin terlebih dahulu. Ada dua jenis frekuensi dalam radio HT, yaitu VHF (Very High Frequency) dan UHF (Ultra High Frequency).

Perbedaan frekuensi VHF (Very High Frequency) dan UHF (Ultra High Frequency)

VHF adalah frekuensi radio HT yang memiliki jangkauan pancar lebih bebas, jauh dan luas dibandingkan UHF. Tingkat frekuensi antara 136 -174 MHz. UHF dapat berfungsi dengan baik jika digunakan di tempat-tempat yang banyak penghalangnya dibandingkan dengan VHF. Tingkat frekuensi 400 – 500 MHz.

Pelatihan ini sangat cocok bagi company atau perusahaan pengguna radio trunking communication, networks RF design, network consultant, dll. Dengan cost/ harga yang terjangkau, pelatihan ini tidak sekedar memberikan teori saja. Namun peserta juga akan belajar praktikum mengidentifikasi situasi pemecahan masalah dalam radio. Fokus pelatihan ini yaitu pada desain komunikasi radio trunking system dengan menggunakan perangkat motorola. Belajar basics radio trunking system, cara programming repeater analog dan digital serta link repeaternya. Selain itu juga tuning antenna dengan parameter-parameter teknis lainnya dan masih banyak lagi.