ITIL : Proses dan Implementasi best practice IT Service Management di Perbankan


3 Hari - (24 jam) 09.00 s/d 17.00 WIB Offline

ITIL (IT Infrastructure Library) sebagai standar layanan berbasiskan Teknologi Informasi sangat membantu meningkatkan kinerja TI di industri perbankan. ITIL atau Information Technology Infrastructure Library adalah suatu rangkaian framework/metodologi pengelolaan infrastruktur, pengembangan, serta operasi teknologi informasi (TI). Dari perspektif bisnis, penerapan ITIL practices di industry perbankan memiliki benefit diantaranya:

  • IT services yang mampu menyelaraskan secara lebih baik dengan prioritas dan tujuan bisnis.
  • Mengetahui IT Cost sehingga bisnis mampu membuat perencanaan keuangan dengan lebih baik
  • Meningkatkan produktifitas bisnis, efisiensi, dan efektifitas karena IT services lebih terpercaya dan bekerja lebih baik bagi business user
  • Financial savings dengan cara memperbaiki resource management dan mengurangi rework
  • Lebih efektif dalam change management, yang memungkinkan bisnis dapat terus mengikuti perubahan dan mengarahkan perubahan bisnis ke pencapaian keuntungan
  • Memperbaiki kepuasan user dan customer terhadap IT
  • Memperbaiki perspesi dan brand image end-customer
Oleh karena itulah perlu pemahaman yang komprehensif terhadap implementasi ITIL sebagai tools untuk meningkatkan IT Service/layanan dan operasional TI di industri perbankan.

Setelah mengikuti pelatihan ini, para peserta diharapkan mampu:

  • Memahami konsep dari pengelolaan IT berbasis layanan (IT Service Management) berdasarkan framework IT Infrastructure Library (ITIL) versi 3.
  • Memahami bagaimana integrated IT Service Management framework – berdasarkan ITIL best practice guidelines- dapat diadopsi dan diadaptasi dalam organisasi.
  • Memahami proven practical guidance bagaimana memperkenalkan integrated IT Service Management framework berdasarkan pendekatan
  • ITIL best practice guidelines service lifecycle.
  • Melakukan analisis studi kasus ITIL dalam organisasi / perusahaannya baik secara team work atau perorangan
  • Memahami tahapan serta metodologi dalam mengimplementasikan konsep ITIL pada suatu organisasi / perusahaan berdasarkan prinsip dan model continual improvement yang terdapat dalam pelatihan.

  • IT Manager
  • IT Drector
  • IT Infrastructure Staff
  • Direksi

Tidak ada persyaratan khusus untuk peserta.

  • Overview Framework ITIL
  • Service Strategy
  • Service Design
  • Service Transition
  • Service Operation
  • Continual Service Improvement
  • Studi kasus ITIL di perbankan
  • Pembahasan ITIL di perusahaan/perbankan

Pelatihan akan dilaksanakan jika kuota peserta terpenuhi.

Daftar Training