ITIL (IT Infrastructure Library) sebagai standar layanan berbasiskan Teknologi Informasi sangat membantu meningkatkan kinerja TI di industri perbankan. ITIL atau Information Technology Infrastructure Library adalah suatu rangkaian framework/metodologi pengelolaan infrastruktur, pengembangan, serta operasi teknologi informasi (TI). Dari perspektif bisnis, penerapan ITIL practices di industry perbankan memiliki benefit diantaranya:
- IT services yang mampu menyelaraskan secara lebih baik dengan prioritas dan tujuan bisnis.
- Mengetahui IT Cost sehingga bisnis mampu membuat perencanaan keuangan dengan lebih baik
- Meningkatkan produktifitas bisnis, efisiensi, dan efektifitas karena IT services lebih terpercaya dan bekerja lebih baik bagi business user
- Financial savings dengan cara memperbaiki resource management dan mengurangi rework
- Lebih efektif dalam change management, yang memungkinkan bisnis dapat terus mengikuti perubahan dan mengarahkan perubahan bisnis ke pencapaian keuntungan
- Memperbaiki kepuasan user dan customer terhadap IT
- Memperbaiki perspesi dan brand image end-customer
Setelah mengikuti pelatihan ini, para peserta diharapkan mampu:
- Memahami konsep dari pengelolaan IT berbasis layanan (IT Service Management) berdasarkan framework IT Infrastructure Library (ITIL) versi 3.
- Memahami bagaimana integrated IT Service Management framework – berdasarkan ITIL best practice guidelines- dapat diadopsi dan diadaptasi dalam organisasi.
- Memahami proven practical guidance bagaimana memperkenalkan integrated IT Service Management framework berdasarkan pendekatan
- ITIL best practice guidelines service lifecycle.
- Melakukan analisis studi kasus ITIL dalam organisasi / perusahaannya baik secara team work atau perorangan
- Memahami tahapan serta metodologi dalam mengimplementasikan konsep ITIL pada suatu organisasi / perusahaan berdasarkan prinsip dan model continual improvement yang terdapat dalam pelatihan.
- IT Manager
- IT Drector
- IT Infrastructure Staff
- Direksi
Tidak ada persyaratan khusus untuk peserta.
- Overview Framework ITIL
- Service Strategy
- Service Design
- Service Transition
- Service Operation
- Continual Service Improvement
- Studi kasus ITIL di perbankan
- Pembahasan ITIL di perusahaan/perbankan